Peran Integral Dari Sebuah Kemasan

Ketika Anda memulai memproduksi sebuah produk, sangat sulit untuk memahami peran integral dari sebuah Kemasan (Packaging) yang harus dimainkan dalam memasarkan dan menjual produk Anda. Karena ini adalah salah satu keputusan terpenting yang harus Anda buat.


Ini adalah salah satu proses dalam pengembangan produk barang. Menentukan kemasan dapat merupakan kunci yang akan mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan produk Anda.

Berikut adalah 4+1 hal penting yang perlu Anda ketahui saat menentukan kemasan produk Anda sebelum ditawarkan untuk dijual di pasar.



I. Anda tidak dapat memiliki produk tanpa kemasan.


Bayangkan bila produk anda sejenis keripik kentang misalnya. Bagaimana Anda bisa menjualnya tanpa kerusakan dengan tanpa kemasan? Anda harus bisa memindahkan produk dari tempat produksi ke toko kemudian kepada konsumen. Kemasan inilah yang memampukannya. Sekalipun produk Anda tidak serapuh keripik atau telur, Konsumen tidak akan pernah membelinya. 
Sangat menarik bagaimana kebutuhan akan kemasan berkembang. Dalam banyak kasus, tidak akan ada produk tanpa kemasan. Ambil sesuatu yang sederhana seperti pasta gigi. Kemasan memainkan peran integral dalam membuat produk ini menghasilkan. Mana ada pasta gigi tanpa kemasan? 
Apakah produk Anda memerlukan kemasan yang merupakan bagian dari produk itu sendiri? Atau apakah kemasannya lebih merupakan hanya sebagai alat pelindung untuk produknya? Apapun jawabannya, mulailah terlebih dahulu dalam menyiapkan bagaimana kemasannya akan berfungsi dalam pengiriman dan penyimpanan.




II. Kemasan bisa memakan biaya lebih banyak dari produk itu sendiri.


Aturan praktisnya adalah bahwa kemasan tersebut harus 10-15% dari total biaya rata-rata. Tapi biaya itu bisa sangat bervariasi dengan produk yang dikemas. Mari kita bicara keripik kentang lagi. Biaya untuk Kemasan jauh lebih tinggi dalam produk seperti ini. Anda punya beberapa keripik dalam sebuah kemasan tapi jangan lupa bahwa selain kemasan itu ada karton pengiriman berisi beberapa kantong keripik. Inilah salah satu biaya tersembunyi yang banyak orang lupakan.  

Jadi pikirkan tidak hanya paket utama (yang akan dilihat secara eceran) tapi bahan kemasan lainnya yang Anda perlukan untuk mengangkut, mengirim atau menyampaikan produk Anda ke tujuan akhir yang tidak terputus, tidak rusak, tidak dirusak dan tiba dalam kondisi bersih.


III. Paket anda harus menjual produk bukan hanya melindunginya.


Rata-rata konsumen menghabiskan waktu kurang dari 3 detik dalam membuat keputusan apakah akan mengambil produk Anda atau tidak. Jadi kemasan Anda harus tepat sasaran ke khalayak yang tepat dengan pesan yang benar.  

Siapa yang akan membeli produk Anda? Apakah copywriting, warna, desain dan bahan kemasan apa yang menarik bagi target demografis Anda? Ini sangat menentukan apakah produk Anda laku atau tidak. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah saya ingin membeli produk saya dan atribut kemasan apa yang akan menarik?


IV. Sebagian besar pemasok bahan kemasan mensyaratkan pesanan dalam jumlah besar.


Sulit mencari pemasok untuk jumlah kecil. Pedang bermata dua adalah bahwa Anda tidak memiliki pesanan besar saat memulai. Pertanyaan nomor satu yang saya tanyakan adalah bagaimana menemukan vendor dengan jumlah kecil. Dalam banyak kasus, ini bisa menjadi tantangan tapi bukan tidak mungkin.

Kami tahu Anda memiliki konsep desain kemasan yang akan ‘memaksa’ konsumen untuk membeli produk anda. Kenyataannya adalah bahwa dalam banyak pengalaman kami, Anda tidak akan cukup sekali dalam menentukan kemasan yang tepat, akan ada banyak penyesuaian dan perbaikan seiring waktu. Ini yang membuat anda sangat membutuhkan vendor yang dapat melayani pemesanan dalam jumlah terbatas. Hubungi kami untuk kebutuhan kemasan dalam jumlah terbatas maupun banyak.



IV+I. Kemasan adalah produk itu sendiri.


Dalam banyak kasus, kemasan memainkan peranan terpenting dalam pemaaran produk. Anda tentu sering melihat produk-produk makanan ‘biasa’ tetapi menggunakan kemasan yang sangat eksklusif. Parsel hari raya, Kue Lapis bingkisan hari raya, kue tart ulang tahun bakery ternama menjadikan kemasan sebagai kunci pemasaran.




Jadi, apakah produk anda? Kami siap melayani anda dalam jumlah pesanan terbatas maupun massal. Segera hubungi kami untuk konsultasi sekarang dengan klik >>> Direct Chat.

Order Cetakan ? Ini prosesnya